Beranda » Uncategorized » Poin Penting Sebelum Membeli Honda City Hatchback RS with Honda Sensing

Poin Penting Sebelum Membeli Honda City Hatchback RS with Honda Sensing

Dipublish pada 16 Oktober 2022 | Dilihat sebanyak 23 kali | Kategori: Uncategorized

Pada April 2022 Honda Prospect Motor (HPM) merilis City Hatchback RS with Honda Sensing. Ia merupakan hatchback pertama dari Honda yang menggunakan fitur keselamatan canggih. Selain teknologi pencegah kecelakaan, pabrikan juga memberi penyegaran yang menarik, terutama dari segi kenyamanan. Sebelum Anda berniat untuk membelinya, simak poin penting dari Honda City Hatchback RS with Honda Sensing.

Tampilan Sporty

Penampakan eksterior tidak ada beda dengan model reguler. Emblem khusus untuk mencirikan teknologi Honda Sensing juga tak terlihat. Namun sebagai penanda, pada kaca spion kiri ada kamera buat penggunaan fitur Lane Watch. Ditambah dari balik kaca depan terdapat kamera dan sensor untuk berbagai fitur keselamatan Honda Sensing.

Dari depan, menggunakan grille dengan aksen hitam berlogo RS. Terdapat kisi-kisi udara honeycomb ditambah tatapan mata dramatis berasal dari headlight dengan DRL serta fog lamp juga berteknologi LED. Soal fitur, penerangannya dilengkapi dengan Auto headlight serta kehadiran New walk awak Auto lock.

Kaki-kakinya menggunakan pelek 16 inci dengan ban 185/55 R16 model palang. Handle pintu masih sewarna bodi serta rumah kaca spion dengan warna hitam. Lampu belakang minimalis dioda model U yang ikonik, berhias turning signal dan reverse light menggunakan bulb lamp. Berkarakter. Plus, dominasi ornamen hitam glossy.

Satu kelebihan yang tak dimiliki lawannya, kabin ekstarluas. Dimensi bodi tergolong besar untuk ukuran hatchback. Panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm dan wheelbase 2.600 mm. Urusan pengemasan kelir total ada enam opsi: Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Interior Mewah dan Luas

Dalam kabin dimanjakan dengan nuansa mewah. Terdapat aksen gelap bercampur merah di banyak titik. Pelapis jok gunakan pencampuran bahan suede – fabric – leather berhias jahitan. Area sisi ditarik beludru kontras, sementara permukaan tempat duduk diberi pola samar hitam. Begitu pula door trim dan dasbor memiliki jahitan merah pada bagian kulit.

Dudukan kursi dapat disesuaikan kebutuhan. Misalnya utility mode. Maksudnya adalah melipat dua kursi belakang demi menciptakan ruang kargo lebih banyak. Lantas long mode, adalah merundukkan kursi penumpang depan supaya mampu ditaruh benda panjang. Dan tall mode, maksudnya adalah mengangkat bantal dudukan jok belakang agar barang tinggi masih bisa dimuat.

Soal mekanisme nyala mobil sudah push start button. Alias tanpa perlu menggunakan anak kunci. Baik menghidupkan atau masuk ke dalam kabin. Tidak sampai situ, ia dibekali remote engine start. Artinya, pengendara dapat menyalakan mesin tanpa masuk ke dalam. Supaya AC menyala dan ketika masuk suhu kabin sudah terasa nyaman.

Honda menyematkan layar TFT 7 inci pada meter cluster untuk kemudahan pembacaan informasi seputar kendaraan, menggantikan layar monokrom pada model standar.

Fitur hiburan tak kalah penting agar perjalanan tak membosankan. Terpusat di monitor 8 inci touchscreen dengan ragam fungsi dan Smartphone Connection. Termasuk di dalamnya Android Auto serta tak ketinggalan Apple CarPlay. Semua itu nantinya diterjemahkan ke delapan speaker tersebar di sekeliling kabin. Makin menarik lagi, layar turut menampilkan visual kamera parkir dalam beberapa sudut. Dari mulai normal view, wide view, sampai top view. Sangat memudahkan ketika hendak berparkir di tempat sempit.

Fitur Canggih

Soal Honda Sensing, fiturnya sama seperti yang hadir pada beberapa model Honda yang sudah hadir lebih dulu. Fitur canggih ini terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) serta Auto High Beam.

Fitur standar seperti one Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone switch dengan Voice Recognition juga hadir di dalam City Hatchback anyar. Lalu ada 6 titik airbag dan masing-masing kursi dilengkapi ELR (Emergency Locking Retractor). Peranti aktif standar termasuk Brake Overide System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill-Start Assist (HSA), begitu pula ABS+EBD dan BA.

Selain itu, fitur semacam Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal, kursi ISOFIX, hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) juga hadir. Termasuk Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System. Rangka G-Cone + ACE™ ini pula diklaim mendapat bintang lima dalam performa tabrakan standarisasi ASEAN NCAP.

Mesin

City Hatchback RS baru memangku mesin empat silinder segaris berjenis DOHC, bukan SOHC seperti model-model Honda lainnya. Lantas terkait volumenya sama-sama 1.5-liter dan mengaplikasikan teknologi i-VTEC + DBW, serta memiliki 16 katup. Hasilnya perolehan output daya kuda menjadi 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm muncul pada 4.300 rpm. Honda menyediakan mode ECON untuk karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar.

Biaya Kepemilikan

Seberapa besar biaya perawatan City Hatchback RS? Oto.com mendapatkan informasi mengenai biaya kepemilikan model hatchback ini mulai dari 10.000 kilometer sampai 100.000 kilometer.

Untuk perawatan berkala 10.000, 30.000, 50.000, 70.000 dan 90.000 pemilik kendaraan wajib mempersiapkan dana sebesar Rp623 ribu untuk part dan chemical serta Rp691 ribu untuk jasa. Total pada servis berkala ini, modal yang disiapkan adalah Rp1,314 juta.

Masuk pada odometer 20.000 kilometer, pemilik kendaraan harus mempersiapkan dana sebesar Rp491 ribu untuk suku cadang dan cairan kimia serta Rp806 ribu untuk biaya jasa. Total sebesar Rp1,297 juta.

Kemudian 40.000 kilometer, pemilik akan mengeluarkan dana sebesar Rp1,051 juta untuk penggantian suku cadang serta Rp1,070 juta untuk biaya jasa. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp2,121 juta.

Perhitungan biaya perawatan berkala pada 60.000 kilometer sebesar Rp1,607 juta. Terdiri dari biaya suku cadang dan cairan kimia sebesar Rp755 ribu serta biaya jasa Rp852 ribu.

Lanjut pada 80.000 kilometer, pemilik harus mengeluarkan dana sekitar Rp1,857 juta. Terdiri dari biaya penggantian suku cadang sebesar Rp1,051 juta dan biaya jasa sebesar Rp806 ribu.

Terakhir, untuk biaya perawatan berkala di 100.000 kilometer, total dana yang dipersiapkan sebesar Rp2,449 juta. Ini terdiri atas biaya penggantian sparepart sebesar Rp1,632 juta dan biaya jasa sebesar Rp817 ribu.

Soal suku cadang dan cairan kimia apa saja yang diganti selama perawatan, biasanya terdiri dari oli mesin, oli gardan, oli transmisi untuk transmisi otomatis, serta gemuk dan beberapa cairan lainnya. Bagi pemilik dapat melihat informasi suku cadang yang diganti sesuai dengan buku petunjuk . Beberapa diantaranya busi, filter oli, filter AC, dan part lainnya. Perhitungan di atas juga belum termasuk suku cadang yang bisa jadi harus diganti atau tambahan akibat penggunaan.

Honda juga menawarkan Paket Perawatan yang menjamin biaya perawatan berkala (parts dan jasa) yang lebih terjangkau dan bebas dari kenaikan harga. Konsumen dapat memilih Paket Hemat 1 (4 tahun / 50.000 km) atau Paket Hemat 2 (8 tahun / 100.000 km) yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Bagi pemilik yang menginginkan kemudahan kepemilikan, Honda juga masih menyertakan layanan emergency service selama 24 jam. Selain itu ada juga tawaran paket service berkala yang ditawarkan pada saat awal pembelian kendaraan baru, yang disebut Honda Extra Care. Memanfaatkan paket tersebut dapat menghemat hingga pemakaian 100.000 kilometer. Sebagai disclaimer, harga yang tertera di artikel ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya

Bocoran Mobil Baru Honda, Harga Lebih Murah dari BR-V

Dipublish pada 5 Juli 2022 | Dilihat sebanyak 15 kali | Kategori: Uncategorized

Kabar kehadiran produk baru dari Honda Prospect Motor (HPM) muncul dari laman Samsat DKI Jakarta. Pada laman yang menampilkan besaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tersebut, nampak satu model baru yang akan muncul. Total ada lima varian dari dua kode... selengkapnya

Ini Perbandingan New Honda CR-V dengan Model Sebelumnya

Ini Perbandingan New Honda CR-V dengan Model Sebelumnya

Dipublish pada 25 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: Uncategorized

 PT Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini merilis new Honda CR-V. Model anyar ini mengalami penyegaran dibanyak bagian. Dari segi harga, New Honda CR-V dibanderol Rp 489 juta – Rp 577 juta atau naik antara Rp 20-30 juta dari model sebelumnya. Beberapa penyegaran menjadi... selengkapnya

honda mobilio

Tenaga Terbesar di Kelasnya, Honda Mobilio 2018, Bisa Tetap Irit?

Dipublish pada 24 Maret 2018 | Dilihat sebanyak 6 kali | Kategori: Uncategorized

Sumber : Otosia.com – Beberapa waktu lalu Otosia sempat ikut serta dalam lomba irit Mobilio yang diadakan PT Honda Prospect Motor (HPM). Menempuh perjalanan sejauh 65 kilometer dengan kondisi jalan yang beragam, mulai dari macet, menanjak dan penuh tikungan, secara... selengkapnya

AZWARSYAH NASUTION, ST
Open chat
1
Haloo Apa Kabar Silahkan Chat
Call Now Button